Pengertian Manajemen dan Manajemen Produksi


1. Pengetian Manajemen
Sofjan Assauri (2004;12) memberikan pengertian manajemen sebagai beikut : “Manajemen adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan dengan menngunakan atau mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan orang lain”. Sedangkan menurut Drs. Malayu Haibuan (2004;2) manajemen diartikan sebagai berikut : “Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu”. 
George R Terry dalam bukunya “Prinsip-prinsip Manajemen” 2003;9) mendefenisikan manajemen sebagai berikut :“Manajemen merupakan sebuah kegiatan pelaksanaannya disebut managing dan orang yang melakukannya disebut manajer. Manajemen mencakup kegiatan untuk mencapai tujuan, dilakukan oleh individu-individu yang menyumbangkan upayanya yang terbaik melalui tindakan-tindakan yang telah ditetapkan sebelumnya”. Dilihat dari ke tiga pengertian diatas, maka dapat ditarik simpulan bahwa manajemen adalah suatu proses untuk mencapai tujuan yang ditetapkan sebelumnya secara efektif dan efisien dengan menggunakan orang-orang melalui fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendlian dengan memanfaatkan sumber daya-sumber daya yang tersedia.
2. Pengertian Manajemen Produksi 
Dalam bukunya “Manajemen Produksi dan Opersi Edisi Revisi 2004”, Sofjan Assauri (2004;12) berpendapat bahwa : “Manajemen Produksi atau Operasi adalah proses pencapaian dan pengutilisasian sumber-sumber daya untuk memproduksi atau menghasilkan barang atau jasa yang berguna sebagai usaha untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi”. 
Menurut Agus Ahyari dalam situs : http://www.geocities.com/agus_lecturer/komprem_operasional.htm menyatakan bahwa :“Manajemen Produksi merupakan proses kegiatan untuk mengadakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dari produksi dan proses produksi”.Pengertian Manajemen Produksi yang diambil dari situts http://www.edukasi.net/mol/mo, dapat diartikan sebagai :“Kegiatan pengaturan secara maksimal dari factor-faktor produksi (alam, tenaga kerja, modal dan skill) agar dapat mencip[takan dan menambah kegunaan suatu barang atau jasa”.
pengunjung yang budiman bantu blog ini bagikan postingan artikel dengan cara klik logo share di bawah ini :

0 komentar:

Post a Comment

Admin tidak selalu online jika ada pertanyaan tinggalkan komentar, bagi sobat yang ingin berkomentar gunakan kata-kata yang sopan terimakasih.

[ Form Komentar Klasik ]