Pengertian Alat Pelindung Diri (APD) dan Standar Penggunaan APD


a.       Pengertian Alat Pelindung Diri (APD)
Alat pelindung diri adalah peralatan yang ahrus disediakan oleh instansi, pengusaha untuk setiap pekerjanya (karyawan). Alat pelindung diri merupakan peralatan keselamatan yang harus digunakan oleh tenaga kerja apabila berada dalam lingkungan kerja yang berbahaya. (Cahyono,2004)
Tujuan dari penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) adalah untuk melindungi tenaga kerja dan resiko cedera dengan menciptakan penghalang dari bahaya ditempat kerja, alat pelindung diri (APD), tidak untuk menukar Good Engineering atau administrasi atau praktek kerja yang baik berdasarkan biosafety information / safety manuals / oasis home.
Alat Pelindung Diri (APD) dapat menyebabkan rasa ketidaknyamanan membatasi gerakan presepsi sensoris pemakaiannya. Oleh karena itu pengendalian pada lingkungan kerja yang berbahaya harus selalu diusahakan untuk menanggulangi bahaya-bahaya dilingkungan kerja. Untuk itu pengendalian secara teknik teknologi pada sumber bahaya itu sendiri dinilai paling efektif. Misalnya pemasangan Car Muff pada sumber kebisingan atau Local xhauter pada sumber debu, pagar pengaman pada mesin-mesin yang berputar dan lainnya. Namun mengingat berbagai berbagai keterbatasan sehingga tidak dapat diketahui sejauh mana pengendalian tersebut dapat dicapai. Karena hal tersebut diatas maka penggunaan / pemakaian alat pelindung diri (APD) menjadi pilihan terakhir. (Siswanto, 1983)
b.      Standar Penggunaan APD
Menurut (Cahyono,2004) dalam penggunaan alat pelindung diri instansi ataua pengusaha harus secara hati-hati menyediakannya.
Bagi peekrja serta memenuhi syarat sebagai berikut :
1.      Alat pelindung diri harus dapat memberi perlindungan yang kuat terhadap bahaya spesifik atau bahaya-bahaya yang dihadapi oleh tenaga kerja.
2.      Berat alatnya harus seringan mungkin, dan alat tersebut tidak menyebabkan rasa ketidaknyamanan yang berlebihan.
3.      Alat yang dihadapi harus fleksibel.
4.      bentuknya harus menarik.
5.      Alat pelindung diri harus tahan untuk pemakaian yang lama
6.      Alat pelindung diri tidak menimbulkan bahaya-bahaya tambahan bagi pemakai yang dikarenakan bentuk dan bahaya tidak tepat atau karena salah dalam penggunaanya.
7.      Alat pelindung harus memenuhi standar
8.      Alat tersebut tidak membatasi gerakan dan persepsi sensoris pemakaian
9.      Suku cadangannya harus mudah didapat guna mempermudah pemeliharaannya.
pengunjung yang budiman bantu blog ini bagikan postingan artikel dengan cara klik logo share di bawah ini :

1 komentar:

ohsasaja said...

thanks infonya

Post a Comment

Admin tidak selalu online jika ada pertanyaan tinggalkan komentar, bagi sobat yang ingin berkomentar gunakan kata-kata yang sopan terimakasih.

[ Form Komentar Klasik ]